sharing

Penabur menuju Anugerah di Tual Maluku (5)

“Apakah Anda SUKSES?”

Shalommmm, demikian salam yang kami selalu dengar dengan semangat dan menggelegar dalam pertemuan kami dari hari pertama. Arti kata “shalom”  ini dalam bahasa ibrani adalah sejahtera namun mengungkapkan shalom sendiri sejatinya mempunyai makna yang mendalam yaitu semoga kamu dipenuhi dengan kedamaian dan kesejahteraan yang sempurna, atau semoga kesehatan, kemakmuran, dan kedamaian pikiran menyertaimu. Makna yang indah, harapan yang baik dan bersifat universal.

Hari kedua di Langgur, kami langsung sarapan pagi di tempat kami menginap dan meluncur ke Gereja Anugerah Langgur. Pada hari ini agenda rombongan adalah berbagi untuk Guru dalam hal motivasi dan pihak Yayasan serta Kepala Sekolah dibidang managerial dan sejenisnya. Acara kami dibagi menjadi dua tempat bahkan tiga tempat kalau saya tidak salah ingat karena acara ini dihadiri oleh seluruh Guru TK, SD, SMP, SMA beserta Kepala Sekolah dan Pengurus yayasan. Berikut adalah cuplikan foto peserta :

IMG_20200114_104712

Pada sesi motivasi Guru dibawakan oleh Bp Thomas Kristo dimana beliau di Penabur juga sebagai Kepala SMA Penabur Kota Modern sekaligus seorang penulis buku serta youtuber dengan nama Toms channel. Keceriaan, semangat dan senyum para Guru benar – benar pecah bingit (kalau bahasa anak jaman now) alias keren dan saya yang mendokumentasikan melalui handycam merasakan hal yang sama dengan peserta. Awalnya para peserta biasa saja namun begitu Sir T (panggilan gaul Pak Thomas Kristo) membawakan sesi, yang terjadi adalah para Saudara Guru disana termasuk saya pribadi bersemangat bersama. Banyak pengalaman dibagikan oleh Sir T dalam menghadapi anak – anak dan itu real bukan rekayasa. Anak – anak dibawah dampingan Sir T ini sering berinteraksi dengan beliau sebagai Kasek tanpa canggung. Di banyak tempat hal seperti ini jarang ditemui, kenapa saya bilang begitu? Selain melihat kenyataan, kebetulan saya berada di belakang audience karena sebagai juru video (camera man) jadi saya mendengar beberapa saudara guru mengatakan kok bisa ya begitu, ditempat kita seng ada yang begitu. O iya seng itu artinya tidak ya. Anak – anak kita di sekolah perlu didampingi, perlu didengar dan perlu diarahkan terutama dalam hal iman dan karakter. Ini semua butuh keteladanan sang Guru sendiri.

Contoh lainnya adalah ketika Guru bilang SUKSES ke anak – anak namun dirinya tidak merasa sukses maka pesannya akan menjadi hambar. Sir T menanyakan sampai beberapa kali kepada audience disana tentang siapa yang sukses di ruangan ini? Yang menjawab hanya sedikit tepatnya sangat sedikit. Pada bagian ini, secara personal saya pun bertanya apakah saya ini sukses ? Mungkin juga ada baiknya pertanyaan ini saya tanyakan kepada para pembaca yang budiman

“Apakah anda sukses?”

Sambil menunggu jawaban dari refleksi singkat ini, alangkah baiknya kita sama – sama bikin kopi / teh / minuman kesukaan masing – masing supaya lebih mendalam refleksinya. Hehehehehe. ……… 🙂 🙂 🙂

Oke lanjut……. Sebelumnya yuk kita lihat foto berikut ini.

IMG_20200114_104809

Sir T akhirnya menjelaskan apa itu sukses secara ringkas. Sukses adalah ketika kita semua bangun pagi lalu bersyukur bahwa kita masih diberi hidup, ketika kita masih dipercaya untuk bisa bermanfaat bagi banyak orang termasuk keluarga kita, ketika diseluruh kegiatan dalam keseharian kita ditutup dengan tidur yang nyenyak dengan damai. Disini saya teringat dengan pernyataan seorang penulis bernama Paulo Coelho dengan bukunya yang berjudul “Manuskrip yang ditemukan di Accra”, bunyinya demikian “Kesuksesan adalah bisa pergi tidur dengan jiwa yang damai”

Saya pribadi melihat wajah – wajah audience yang berubah dan saya percaya berubahnya karena tersadar bahwa sukses bukan hanya bicara mengenai harta duniawi, jabatan, kedudukan dan sejenisnya. Sukses bicara hal yang sederhana yang seringkali dilupakan bahkan terlupakan. Bicara soal sukses ini memang tidak ada habisnya dan butuh proses untuk setiap pribadi mengolah dirinya secara jujur. Pencerahan dari Sir T ini tentunya sangat bermanfaat untuk Saudara Guru disana termasuk saya secara pribadi. Thanks Sir T !

Semoga tulisan saya kali ini bisa menyentuh setiap pribadi termasuk saya untuk lebih jujur, damai, bersyukur dan juga sukses dalam hidup ini. Selamat berproses untuk menjadi sukses dan Shalom.

NB : Ada banyak hal baik yang belum saya ceritakan saat sesi Motivasi Guru ini, semoga lain waktu bisa saya bagikan juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.